HOW TO DO IT?
1. Ambil sebuah dadu [atau ini, dadu digital yang mengocok angka [LINK]]
2. Kalian butuh kertas dan pensil untuk menulis hasilnya... mungkin?
3. Kalau kalian hanya berencana membuat sebuah cerita pendek/novel remaja yang tidak memakan banyak lokasi, jangan banyak-banyak bikin kotanya :v
STEPS :
1. Kocok dadu sekali untuk menentukan jaman duniamu
1. Jaman batu
2. Jaman Kerajaan
3. Antah-berantah
4. Moderen
5. Antargalaksi
6. Abad Penemu
2. Tentukan berapa kota yang ingin kau buat.
3. Kocok sebutir dadu sebanyak angka yang kamu pilih di nomor 2 untuk menentukan peran setiap kota yang kamu dapatkan. (Jumlah penduduk hanya saran)
1. Kota besar, Pusat Perdagangan/Pemerintahan (Jumlah Penduduk >1.000.000 jiwa, terbanyak)
2. Kota Militer dan Pelatihan (Jumlah penduduk < 1.000.000 jiwa)
3. Kota Perkebunan dan Pertanian (Jumlah Penduduk -/+ 5000 jiwa)
4. Kota Pertambangan dan Industri (Jumlah Penduduk -/+ 50.000 jiwa)
5. Kota Nelayan dan Transportasi (Jumlah Penduduk -/+ 50.000 jiwa)
6. Kota Pendidikan dan Orang Bijak (Jumlah Penduduk paling sedikit, terisolasi)
4. Kocok dua butir dadu (atau satu dadu dikocok dua kali) sebanyak angka yang kamu pililh di nomor dua untuk menentukan lokasi dari kota-kota tersebut.
1. Gak akan dapet XD, percaya deh
2. Atas Pegunungan
3. Hulu sungai
4. Padang rumput
5. Padang pasir
6. Hilir/rawa basah
7. Pantai
8. Pulau besar
9. Pulau Kecil
10. Daerah Berbahaya
11. Gua
12. Bawah Tanah
5. Kocok sebuah dadu sekali untuk menentukan barang yang dihasilkan kota tersebut dan sekali untuk menentukan apa yang harus dibeli dari kota lain.
1. Bahan Tambang
2. Makanan/Hasil ternak
3. Prajurit / Jasa Pertahanan (Termasuk Assasin, Soldier, dsb)
4. Senjata
5. Obat-obatan
6. Barang Penemuan
(Jika kamu mendapat angka yang sama, (misalnya butuh senjata tapi menghasilkan senjata) Kota itu menjadi kota pengolah/upgrading)
6. Kocok dadu sekali.
a. Jika ganjil, maka rakyat jelata dan rakyat biasa dianggap setara.
b. Jika genap, maka ada kasta (racism) yang memisahkan rakyat jelata dan rakyat biasa.
c. Angka satu berarti penguasa-pun setara.
d. Angka enam berarti kasta adalah nyaris segalanya.
7. Kocok dua dadu untuk menentukan siapa pemimpin di kota tersebut.
DADU PERTAMA
1. Satu pemegang kekuasaan
2. Dua pemegang kekuasaan
3. Suatu organisasi memegang kekuasaan (dewan rakyat, perwakilan daerah, dsb)
4. Rakyat pemegang kekuasaan secara bergilir/dipilih
5. Keluarga pemegang kekuasaan (pasti satu keluarga itu)
6. Tidak ada yang berkuasa (Maka, acuhkan dadu kedua atau dadu kedua hanya tambahan)
DADU KEDUA
1. Yang terkuat memimpin
2. Yang terkaya memimpin
3. Yang berhak memimpin (darah bangsawan)
4. Yang suci dan alim memimpin (orang suci, pembawa agama)
5. Yang terpilih memimpin
6. Pahlawan kota memimpin
8. Kocok sebuah dadu dan tentukan apa yang rakyat mayoritas sembah
1. Dewa/Dewi
2. Pemimpin di kota tersebut
3. Legenda benda sakral
4. Orang suci dan alim
5. Tidak ada
6. Arwah/Hantu dari masa lalu
9. Kocok sebuah dadu dan tentukan tradisi tahunan mereka
1. Penyembahan
2. Pengorbanan
3. Festival Perayaan
4. Melayat/Mengheningkan cipta pahlawan
5. Gladiator/bertarung/berburu tahunan
6. Tidak ada
10. Apa masalah terbesar (Tabu) dalam kota itu?
1. Ilmu terlarang/pendidikan yang mengarah ke jalan hitam
2. Perang
3. Para penyeludup barang (curian/narkoba/sejenis)
4. Monster/binatang liar berkeliaran di kota
5. Penguasa tidak menjalankan tugasnya/penuduk menjadi gila karena ketidakadilan
6. Krisis ekonomi
And, DONE! Selamat, kamu telah membuat kotamu sendiri!
Kalian bisa merubah dan menggantinya untuk menyesuaikan dengan ceritamu. Tapi bagi kalian yang suka hiburan, cobalah untuk tidak mengubah apapun dan buat sebuah cerita EPIK dari kota ini! Selamat menulis, semuanya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar