Senin, 21 Desember 2020

The Short Guide: SKS Sejarah Seni Modern

17017007

Jadi saya ditugaskan membuat post untuk ujian akhir semester dan yang saya pikirkan hanya beberapa hal bodoh seperti: rap. Atau malah ngeVtubing pake karakter Dungeons & Dragons saya dan menyanyikan timeline Sejarah Seni Modern sampai mabok.

On second thought tho, karena suara saya jelek bukan main, saya bikin ultimate guide to SKS (yang tidak terlalu SKS) Sejarah Seni Modern buat kalian semua saja. Siapa tahu kalian mau main sama anak seni rupa gitu, atau tertarik dengan bagian sejarah tapi enggak mau ngabisin banyak waktu di depan komputer baca hal-hal yang bejibun kayak saya.

Yes I’m that lazy.

Enggak, motivasi saya bikin ini bukan karena saya bingung mau menjelaskan apa. Alasan pertama adalah saya kuliah di tengah jurusan teknik. Mau disebar dan bikin mereka tertarik, lah, saya yang bingung karena bahasa teknik sama bahasa seni rupa sama bunyi tapi beda makna. Kapan lagi kamu diskusi soal chance kartu tarot yang digunakan untuk studi langsung teori semiotika oleh Inna Semetsky saja langsung digaplok dengan ‘kamulah alasan matematika tidak dianggap serius’-- (iya ini curhat). Alasan kedua, malah saya yang bingung kalau disuruh pilih hanya satu topik, jadi saya ingin memberikan general ideas saja. Aku yakin kalau kalian tertarik, kalian bakal lebih senang ngobrol sama anak seni rupa.

We don’t bite, seriously. Kami juga gak se-aneh yang kalian bayangkan.

Berikut saya lampirkan Ultimate Guide SKS versi saya dalam bentuk buku bacaan (cukup) ringan, video, dan pendapat tentang setiap sumber yang saya taruh. Silahkan gunakan seperlunya untuk referensi, bahan bacaan, atau instrumen dictionary untuk mengerti semburan teman-teman seni rupa kalian. Saya pilihkan yang menarik kok.

TO READ
Modern Art: A Very Short Introduction | David Cottinghon | Oxford University Press 2005

Ini adalah salah satu (dan satu-satunya) buku yang saya sarankan kalau kalian punya pacar anak seni rupa, linglung entah gimana, dan perlu bimbingan atau teman buat bacot sampai ngerti dan kalian berusaha untuk jadi pacar yang baik. Meski judulnya A Very Short Introduction, 150 halaman itu tidak short. Bacaannya masih terhitung ringan (bila dibandingkan sourcebook kuliah lain) dan mencakup hal-hal menarik untuk dicatat dan bahan diskusi kelas. In my opinion, ini bacaan semi-wajib kalau kalian kurang gaul untuk diskusi dengan teman. Atau wajib bagi saya yang ngenes hahaha tolong.
Buku ini mencakup contoh, pembahasan, dan garis besar dari apa yang akan dipelajari. Dibuka dengan bab yang menjabarkan kenapa modern art bisa sekacau dan secepat itu (apa benar seni modern itu gerakan hebat atau ejekan yang bertumpuk, mengejek gerakan sebelumnya), Avant Garde sebagai pembagian periodenya, konsumerisme, dan hal-hal yang terjadi di dalam gerakan-gerakan tersebut.

Sedikit bump dalam membaca (mungkin) jika belum membahas modernisme dan ide-ide modern. Perlu dicatat saat membaca tentang seni modern, yang dibahas utama adalah penolakan ide pra-modern; seni tidak lagi soal orang kaya kelebihan duit atau agama, tentang diri, nilai individu, dan lain-lain.

TO WATCH
Untuk tontonan, banyak Video YouTube yang bisa saya sarankan. Apapun yang membahas soal modernisme akan membantu mengerti kenapa gerakan tertentu muncul, seperti Optical Art dan Impresionism yang muncul karena teknologi dan sains... dan hei, topik modernism IS fun, dan tidak ada salahnya belajar tentang era modern sebelum kita belajar soal modern art. Hubungan ide-ide modern dan seni modern saling berkaitan loh, jangan salah. Perkembangan dunia mempengaruhi seni di dalamnya, dan perkembangan dalam pikir mengembangkan apa yang dibuat. Iya saya masih ingin menekankan seni dan sains tidak sejauh itu (masih salty nih dimarahin temen bangunan sebelah hmph).

History of Modern Art Crash Course | IntroBooks Education
Tidak ada waktu untuk nonton tapi mau denger podcast di YouTube soal seni modern? IntroBooks Education menjelaskan secara singkat gerakan-gerakan yang ada dalam gerakan seni modern. Strukturnya bisa dipakai kalau kalian seperti saya - cepat loss kalau belum tahu struktur dan kadang lupa kalau silabus itu ada. Pakai sebagai panduan awal supaya tidak kaget apa yang harus dibaca atau disiapkan sebelum kelas karena berurutan sesuai kapan pertama gerakan itu dimulai. Saya sarankan dengarkan video ini daripada nonton - videonya agak flashy images tapi suaranya soothing.

Sekian soal tulisan saya yang entah kenapa sangat spesifik soal pacaran sama anak fsrd. Tidak saya tidak punya pacar apa maksud kalian. Sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar